Rabu, 24 April 2013

Resume: Perilaku Produsen

Perilaku produsen adalah kegiatan pengaturan produksi sehingga produk yang dihasilkan bermutu tinggi dan bisa di terima baik di masyarakat. Ada 4 faktor penting yang wajib pengusaha lakukan untuk mencapai keberhasilan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.

Q = f (L, R, C, T)
Dimana :
Q       =  jumlah barang yang dihasilkan (quantity)
F         =  symbol persamaan (function)
L         =  tenaga kerja (labour)
R        =  kekayaan alam (resources)
C       =  modal (capital)
T        =  teknologi (technology)

Di dalam fungsi produksi tersebut di jelaskan bahwa di dalam memproduksi suatu barang, produsen menggunakan faktor-faktor produksi. Produsen mengelola dan menggunakan modalnya untuk memperkerjakan para tenaga kerja terlatih dan terdidik yang mampu mengolah sumber-sumber daya alam dari yang berupa barang mentah menjadi barang siap pakai dengan dibantu kencanggihan teknologi seperti mesin-mesin.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, tidak semua produsen melakukan proses produksi dengan baik dan benar sesuai prosedur. Banyak terjadi kecurangan–kecurangan yang di lakukan para produsen yang tidak bertanggung jawab. Tujuannya adalah untuk memperkaya diri dan kelompoknya dalam mencari keuntungan sebesar-besarnya tanpa memikirkan efek samping yang di timbulkan dari perbuatannya tersebut, seperti penggunaan bahan pengawet kimia yang digunakan oleh produsen tidak bertanggung jawab dalam membuat produknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar