Sabtu, 20 April 2013

ga bisa nawar?



Aiish rugi bangeeet! Barang yang seharusnya bisa dapet murah, bisa jadi lebih mahal klo ga punya skill yg satu ini girls. Tenaaaang! Coba aja pake cara yg biasa gue pake klo lg shopping. Check it out!
    
 1.      Survey Harga
PENTING! Sebelum beli barang yg di incer sebaiknya survey dulu harga pasarannya! Knowledge is power. Cek harga dari toko satu ke toko lainnya atau ga bisa tanya temen yg udah pernah beli.

      2.      Tawar SETENGAH Harga
Kalau barang yg di incer ga pasaran dan sangat spesifik, setelah tanya harga coba tawar ½ harga dari harga yg di beri penjual. Misal harganya 100ribu, coba di tawar 50rb dulu. Pelan-pelan pasti penjual nurunin harganya, nah kita juga naikin penawaran sedikit demi sedikit yaa guys! Yaa paling mentok bisa dapet harga 80rb buat barang itu.

      3.      No Doubt!
Di dalam hal penawaran harga DILARANG KERAS ragu-ragu atau ga yakin! Kalo kamu menyebutnya dengan suara yg pelan dan ga yakin, penjual jg pasti udah tau klo kamu basa basi doang nawarnya.

      4.      Cultural Approach
Klo kamu familiar dengan bahasa yg si penjual gunakan, coba aja kamu pakai bahasa itu. Karna biasanya si penjjual ngerasa punya kedekatan atau kesamaan dengan kita. biasanya sih si penjual mau nurunin harga yg lebih banyak :D

      5.      SKSD
Ajak si penjual ngobrol! Bisa tanya soal situasi pasar, dagangan yg paling laku atau tentang persaingan. Kalo kamu bisa ngambil hatinya, pasti ada harga special buat kamu.

      6.      Jangan Mupeng!
Walaupun kamu pengen bangen barang itu, pasang tampang tertarik tapi jangan sampe mupeng. Kalau udah satu-dua kali nawar dan udah naikin harga tapi penjualnya tetep keukeuh aja, sebaiknya kamu langsung pergi dengan santai. Kalau penjualnya butuh pasti dia manggil-manggil kamu lagi. Tapi kalau engga, berarti itu udah harga mati buat penjual. Ayo jangan cape cek di toko lain yaa guys!

      7.      Tetep Sopan
Jangan menawar harga dengan ketus dan bernada meremehkan penjual. Yang ada, si penjual malah jadi malas melayani dan menjual barangnya ke kamu dengan harga berapapun juga.

 8.      Ambil atau Tinggal?
Kalau kita udah tau kualitas barang dan standar harga di pasaran, tapi penjual tetep ga setuju dengan tawaran kita, tinggal pilih, take it or leave it. If you take it, jangan nyesel klo nanti nemu barang yg sama dengan harga yg lebih murah, karena rejeki engga akan pernah ketuker hehe

Happy shopping guys :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar