Selasa, 07 Mei 2013

Tips Buat Para Insomnia-er!



Bagi sebagian orang, begadang memang tidak bisa ditinggalkan karena pekerjaan dan hal penting lainnya. Mengerjakan banyak tugas, nonton bola, hangout dan aktivitas lain yang mengharuskan kita begadang kerap membuat tubuh kelelahan dan tak bergairah keesokan harinya. Ini akan berimbas pada produktivitas kerja dan bahkan dapat mengganggu kesehatan. Alaminya tubuh membutuhkan waktu tidur yang cukup antara 7-8 jam per hari. Tak hanya tubuh, otak pun membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar dapat berfungsi optimal.

Nah, jika kalian termasuk dalam golongan ini, berikut 3 cara efektif yang bisa dicoba untuk meningkatkan kebugaran kita di pagi hari:

Olahraga Ringan
Cobalah jogging atau bersepeda 15-30 menit disekitar komplek rumah kita. Ini akan membantu untuk tetap waspada daripada hanya duduk berdiam diri dan kembali mengantuk.

Hindari Makanan Berat
Saat begadang tubuh akan mengalami gangguan metabolisme. Oleh karena itu, jangan mengonsumsi makanan berat setelah begadang. Mengonsumsi makanan berat bisa mengakibatkan makanan tidak di cerna dengan baik dan jika kita makan banyak karbohidrat maka dapat memicu naiknya gula darah. Sebaiknya minumlah perasan air lemon. Minuman ini kaya akan Vitamin C dan merupakan antioksidan yang kuat untuk meningkatkan kembali daya tahan tubuh setelah begandang. Jika ingin makan, konsumsilah makanan kaya serat seperti sereal, oatmeal atau sayuran segar.

Tenangkan Pikiran
Setelah begadang tubuh akan rentan mengalami stres. Nah, untuk menenangkan kembali jiwa kita, sebaiknya lakukan meditasi beberapa menit di pagi hari. Tempatkan diri dalam suasana yang tenang dan tentram. Tambahkan aroma terapi jika perlu untuk memperdalam meditasi.

Tiga tips di atas memang bisa menyegarkan setelah begadang. Namun, bukan berarti begadang itu dianjurkan yaa. Tidur dan bangun tepat pada waktunya itu memang yang paling baik!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar