Selasa, 07 Mei 2013

Jangan Panik Jika Jadwal Menstruasi Tidak Teratur.



Hi Ladies! Siklus haid a.k.a menstruasi yang ngga teratur terkadang bisa terjadi, seperti misalnya kita mengalami haid yang seharusnya satu bulan sekali, namun malah 2 atau 3 bulan sekali. Lalu apa sih yang menyebabkan siklus haid jadi tidak teratur?

1.      Stres
Well, stres bisa memicu banyak hal termasuk terlambat datang bulan. Stres membuat berkurangnya kadar hormon, sehingga rahim tidak berovulasi atau menstruasi. Melepas stres dengan berlibur atau konsultasi ke dokter menjadi solusi untuk masalh ini.

2.      Sakit dan Kelelahan
Ketika badan dalam keadaan yang tidak begitu baik, sistem tubuh juga tidak akan bekerja maksimal. Hal ini dapat menunda proses ovulasi.

3.      Pengaruh Obat
Mungin saja kita sedan mengkonsumsi obat tertentu. Obat juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Sebaiknya berkonsultasilah pada dokter tentang obat yang di konsumsi. Pastikan kita mengetahui efek dari obat tersebut.

4.      Terlalu gemuk atau Kurus
Berat badan yang berlebihan atau terlalu kurus dapat menyebabkan gangguan dalam metabolisme lemak. Hal ini berpengaruh pada kadar estrogen dalam tubuh dan dapat mengganggu siklus menstruasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar