Selasa, 07 Mei 2013

Resume: Uang, Bank dan Penciptaan Uang

Jaman dahulu sebelum di sah-kannya uang sebagai alat tukar yang resmi, orang-orang melakukan sistem barter untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tetapi seiring berjalannya waktu sistem tersebut di nilai tidak efektif lagi. Dengan adanya uang membuat barang dan jasa menjadi semakin bernilai.

Banyak jenis uang yang beredar di masyarakat, yang biasanya kita gunakan sehari-hari dalam bertransaksi jual-beli adalah uang kertas dan uang logam atau di sebut juga dengan Uang Kartal. Uang kartal hanya boleh diterbitkan oleh Bank Indonesia selaku bank sentral Sedangkan Uang Giral berwujud cek atau giro dan Uang Kuasi adalah surat-surat berharga yang dapat dijadikan sebagai alat pembayaran yang contohnya adalah deposito berjangaka dan tabungan/rekening valuta asing.

Dengan semakin maraknya beredar uang palsu, sebaiknya anda berhati-hati dalam menerima uang walaupun uang tersebut keluar dari bank. Selalu kita wajib periksa fisik uang tersebut dengan di lihat, di raba, dan di terawang.

Di dalam pasar valuta asing, nilai mata uang rupiah masih sangat rendah dibandingkan dengan nilai mata uang negara-negara lainnya. Hal ini di sebabkan negara kita lebih banyak membeli barang/jasa dari negara luar, atau dengan kata lain negara kita lebih banyak mengimpor barang/jasa dari luar negeri dari pada mengekspor barang/jasa ke luar negeri yang menyebabkan nilai mata uang rupiah masih rendah di banding nilai mata uang negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar