Rabu, 08 Mei 2013

3 Agensi Raksasa Korea Selatan



Di korea terdapat banayak kantor agensi yang merupakan tempat bernaungnya para artis-artis Korea Selatan. Tetapi hanya ada 3 nama kantor agensi raksasa yaitu SM, YG, dan JYP Entertainment. Ketiganya merupakan nama besar di industri hiburan Korea Selatan karena mereka mendapatkan banyak keuntungan terbesar dari para artis-artisnya. Lalu, siapa saja sebenarnya artis-artis di bawah naungan mereka yang berhasil menghasilkan uang terbanyak yang bisa membawa ketiga agensi tersebut semakin bersinar?

SM Entertainment
Label yang menaungi TVXQ, Super Junior, SNSD, Shinee, f(x), EXO, BOA, Kangta dll. SM Entertainment lah agensi yang paling banyak membawa keuntungan. Bahkan ketika sempat mengalami penurunan di akhir 2012, keuntungan SM tetap lebih besar dari rekan agensi lainnya. Masih mengandalkan 3 nama besar mereka, yaitu SNSD, Super Junior, dan TVXQ sebagai penghasil uang terbesar. SNSD banyak menghasilkan uang di Korea, sementara itu Super Junior dan TVXQ memiliki pegangan kuat di luar negeri, tak hanya di China dan Jepang, tapi di seluruh dunia. Baru ini, SM melebarkan sayapnya dengan mendirikan sub label di China bernama SM Beijing yang bertujuan untuk fokus pada pasar China.

YG Entertainment
BigBang, 2ne1, PSY,  se7en, Gummy, Epik High dan  Lee Hi merupakan sebagian artis yang bernaung dalam YG Ent. Saat ini, penghasil uang terbesar di YG Entertainment adalah Big Bang. G-Dragon dkk tak hanya menghasilkan uang saat berpromosi sebagai grup, namun juga dari aktivitas solo masing-masing membernya. YG Ent. juga memiliki rapper yang sukses mendunia, yaitu Psy. Tak hanya melalui single Gangnam Style, namun single terbarunya, Gentleman sukses menjadi salah satu pegangan kuat Psy sebagai ‘money maker’. YG memiliki 2NE1 yaitu girlband yang populer secara global. Dan saat ini YG juga tengah menikmati hasil dari kesuksesan sang monster rookie mereka, yaitu Lee Hi.

Jika SM sukses mengambil alih Korea dan Jepang dengan penjualan album fisik, maka YG sukses besar dalam mengontrol penjualan digital. YG Entertainment sangat apik ketika berhubungan dengan media sosial dan juga dalam hal perilisan video musik melalui YouTube. Hampir semua artis YG mendominasi jumlah viewers di YouTube di antara artis dari agensi lainnya.

JYP Entertainment
Artis-artis yang di bawah label ini diantaranya adalah Wonder Girs, 2PM, 2AM, Miss A, JJ Project dan 15&. Seperti yang sudah diketahui banyak orang, salah satu member miss A, Suzy merupakan artis JYP yang paling banyak menghasilkan uang. Suzy sukses membuat namanya menjadi kuat sebagai seorang artis. Baru-baru ini Suzy juga berhasil mengumpulkan uang sebesar 9 juta dollar setelah menjalani kontrak sebagai model 20 iklan. Namun, JYP agak sedikit memiliki kelemahan dalam grup idola mereka, seperti miss A, serta Wonder Girls dan 2PM yang berhiatus. Untungnya, 2PM bisa memperlihatkan kekuatan mereka dalam comebacknya. JYP bisa kembali mengklaim bahwa mereka merupakan wajah dari industri hiburan. 

JYP Entertainment merupakan label pertama yang bisa memasuki pasar Amerika dengan membawa Wonder Girls. Meski dibilang gagal, namun mereka lebih menikmati kesuksesan dibandingkan dengan usaha YG yang membawa se7en dan SM yang membawa BoA menuju pasar Amerika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar