Kamis, 09 Mei 2013

Marah Sama Sahabat?



Pernah ngga sih bete dan kesal sama sahabat? Rasanya tuh amarah pengin langsung ditumpahin saat itu juga. Nah! tapi sebelum meledak-ledak coba pertimbangkan dulu hal-hal berikut ini:

Klarifikasi! Pastikan kita sudah cross check atau bertanya kepada sahabat, apapun permasalahannya. Kalau ngga, bisa jadi kemarahan kita jadi salah arah. Ujung-ujungnya kita juga yang bakal merasa bersalah.

Berkaca! Sebaliknya, cek juga ke diri sendiri. Apakah kita juga punya kesalahan? Siapa tahu, sahabat kita itu bertingkah menyebalkan gara-gara sikap kita juga.

Lihat Kondisi sahabat! Saat sahabat bersikap super jutek atau mendadak membentak kita, jangan langsung membalasnya dengan sengit. Bisa jadi sahabat kita itu sedang mengalami masalah berat yang ngga berkaitan sama kita. Dan ia menumpahkannya dengan bersikap jutek.

Minimalisir Emosi! Kita boleh menegur dan protes sama sahabat saat ia salah. Tapi pastikan jangan emosi saat melakukannya. Biasanya saat emosi, kemarahan pun menjadi lebay dan ngga sesuai denga kesalahan yang dilakukan. Alhasil, bisa ribut besar bahkan bikin persahabatan bubar.  

Ingat Kebaikannya! Mungkin ia memang salah dan kita berhak marah. Tapi jangan lupakan hal baik yang pernah sahabat kita lakukan. Jangan sampai satu kesalahannya menghapus kesetiaan dan kebaikannya selama ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar