Rabu, 07 Maret 2012

Manusia dan Kebudayaan

hay guys kali ini gue akan sedikit membahas topik kecil yaitu antara manusia dengan kebudayaannya. pasti kalian udah ga asing deh sama istilah-istilah yang gue posting..

so, cekidot!

Manusia adalah mahkluk ciptaan Tuhan YME yang paling sempurna diantara mahkluk-mahkluk ciptaan Tuhan yanga lainnya. Manusia diberikan akal dan pikiran untuk memudahkannya dalam menjalani kehidupan dan secara hakikatnya agar manusia bisa menjadi pemimpin di bumi ini. Selain mempunyai akal dan pikiran, manusia jg memiliki fisik, biologis, rohani, intuisi, perasaan, emosi, kemauan, fantasi dan perilaku yang berbeda-beda pada setiap manusia.

Pada dasarnya ketika dilahirkan manusia merupakan mahkluk individu yg berprinsip sosial maksudnya manusia hidup membutuhkan orang lain selain dirinya sendiri dan dari situlah terbentuk kelompok-kelompok yang biasanya memiliki kepentingan dan kemauan yang sama. Dari terbentuknya kelompok itu maka terbentuknya juga sebuah kebiasaan yang mereka kerjakan atau lakuakan yang di sebut dengan budaya. Budaya itu sendiri akan terus-menerus menjadi cara hidup mereka dan biasanya akan diwariskan secara turun temurun.

Kebudayaan sangat erat kaitannya dengan manusia. Kebudayaan adalah produk manusia, setelah kebudayaan itu tercipta maka kebudayaan mengatur manusia agar sesuai dengannya dan manusia itu sendiri adalah merupakan dari hasil produk kebudayaan. Dengan kata lain, kebudayaan ada karena manusia yang menciptakannya dan manusia dapat hidup ditengah kebudayaan yang diciptakannya. Kebudayaan akan terus hidup manakala ada manusia yang mendukungnya.

Kebudayaan mempunyai kegunaan yang sangat besar bagi manusia. Hasil karya manusia menimbulkan teknologi yang mempunyai kegunaan utama dalam melindungi manusia terhadap lingkungan alamnya. Sehingga kebudayaan memiliki peran sebagai suatu hubungan pedoman antar manusia atau kelompoknya, wadah untuk menyalurkan perasaan-perasaan dan kemauan-kemauan lain dan sebagai pembimbing kehidupan & penghidupan manusia.

nah sekian dulu yaa pembahasannya nih tentang manusia dengan kebudayaannya. smoga brmanfaat walaupun yaa jauh dari kata sempurna but enjoy it guys :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar