Rabu, 14 Maret 2012

konsepsi ilmu budaya dasar dalam kesusastraan

Hy hello hoyy!

Masih ngebahas topik yg berbau budaya nih, kali ini yang di bahas adalah ilmu budaya dasar yg mau dikaitin sama kesusastraan.

Topik Yang di bahas sekarang bukan nilai-nilai manusia sebagai  mahkluk yg berbudaya melainkan konsep-konsep yang di kembangkan untuk menyelesaikan masalah antara manusia dan kebudayaan yang merupakan definisi dari ilmu budaya dasar itu sendiri. Ga ada ruginya kok ngebahas ini karena tujuan awalnya kita di harapkan untuk menjadi manusia yang lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus di samping tidak meninggalkan tanggung jawab kita yang lain sebagai manusia itu sendiri.

Ga bisa di pungkiri lagi bahwasannya Indonesia merupakan negara kepulauan yg terbentang dari sabang sampe merauke. Hal ini yang mebuat banyak kebudayaan berbeda pada setiap daerah sehingga dapat menimbulkan  masalah-masalah dengan kebudayaan itu sendiri serta kecanggihan tekhnologi yang bisa merubah kondisi kehidupan manusia yang dianggap bertentangan dengan budayanya.

Kesusastraan merupakan pengungkapan dari fakta artistik dan imajinatif sebagai manifestasi kehidupan manusia, melalui bahasa sebagai medium dan punya efek yang positif terhadap kehidupan manusia. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya, baik dari segi masing-masing keahlian di dalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan  berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.

Dari pengembangan masalah-masalah tersebut diatas, nampak sekali bahwa orientasi ilmu budaya dasar memang tidak terlepas dari masalah-masalah manusia dan kebudayaannya.

Wassalam :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar