Kamis, 26 April 2012

Manusia dan Tanggung Jawab

Setiap manusia pasti punya tanggung jawab, tanggung jawab itu salah satu dari kewajiban yaitu wajib untuk di tanggung, di penuhi atau wajib kita lakukan segala sesuatunya dengan kesadaran diri masing-masing orang akan kewajibanya itu tersebut..

Tanggung jawab adalah sebuah kata yg sederhana tapi dalam kenyataannya sulit untuk di lakukan. Banyak orang yg merasa keberatan, menolak atau parahnya sampai melempar tanggung jawab ke orang lain karena memang lebih mudah menggeser tanggung jawab daripada berdiri dengan berani menyelesaikan tanggung jawabnya.

Basicnya orang yg memiliki rasa bertanggung jawab bisa di lihat apakah dia dapat bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri dahulu. Ketika dia menyadari dia adalah seorang anak, dia bertanggung jawab pada tugasnya sbg seorang anak seperti membantu pekerjaan orang tuanya, giat belajar untuk menyeselesaikan pendidikannya dengan hasil memuaskan sehingga membuat orang tuanya bangga.

Setelah terhadap sediri lalu menyadari tanggung jawabnya di dalam keluarga seperti menjaga nama baik keluarga, mensejaterahkan dan menjaga keutuhan keluarganya.

Tanggung jawab dalam masyarakat, bangsa dan negaranya bisa dilihat bagaimana pengorbanan dan pengabdiannya sebagai mahkluk sosial. Berfikir dalam bertindak, berbuat dan bertingkah laku dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Mematuhi norma, ukuran ataupun hukum yang telah di buat.

Dan yang terpenting kita ga boleh melupakan tanggung jawab kita terhadap Tuhan. Selalu menjalani perintahNya dan menjauhi laranganNya yang terdapat pada ajaran agama serta kitab suci.

End.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar