1.
KEPRIBADIAN
Kepribadian dapat berpengaruh kuat terhadap
proyek. Berikut ini sebuah daftar dari kepribadian yang diinginkan untuk staf
proyek.
- Anda membutuhkan seseorang yang dapat berkomunikasi, yang merupakan bagian dari sebuah tim, serta dapat berbagi pengetahuan dan ide-ide dengan baik, tetapi juga harus mau menjalankan ide-ide tersebut.
- Anda membutuhkan seorang pendengar yang baik, seseorang yang akan mendengarkan pendapat orang lain dan mau mengakui jika pendapat-pendapat tersebut lebih baik.
- Anda membutuhkan seorang yang terorganisir. Akan banyak tugas yang harus dilakukan, setiap tugas pada waktu yang tepat.
- Anda tidak membutuhkan seseorang yang perfeksionis. Pilihlah seorang yang dapat bekerja pada saat deadline. Selalu ada cara yang terbaik, tetapi jika hal ini berhasil sekarang, keluarkan sesuai waktu, dan simpan kemajuan ini untuk versi berikutnya.
- Anda membutuhkan seseorang yang mempunyai kemampuan teknik terbaik, seorang analitis dan logis, dengan pengalaman yang sesuai.
2.
MEMBERIKAN TUGAS KEPADA INDIVIDU-INDIVIDU
Dalam bukunya “The Psychology of Computer
Programming”, G. Weinberg menyatakan bahwa motivator terbesar dari seorang
programmer adalah mempelajari hal baru. Selalu berikan tugas yang lebih
menantang dari tugas sebelumnya. Tetapi jangan memberikan sebuah tugas yang
rumit untuk Programmer Pemula – mungkin tidak akan selesai, dan tugas yang
rumit ini pun juga tidak akan terselesaikan oleh para ahli.
Jika ada tugas-tugas yang berhubungan,
berikan pada orang yang sama. Jika ada program yang berhubungan dengan program
lain, berikan program ini kepada seseorang pada posisi yang sama (atau 2 orang
yang sangat dekat).
Berikan tugas-tugas yang kritis dan
tugas-tugas yang sulit kepada orang yang paling diandalkan. Orang yang dapat diandalkan
bukanlah “Ahli” yang dapat menyelesaikan tugas dalam 2 hari, tetapi orang
tersebut menyelesaikan dalam 4 atau 10 hari tergantung pada mood orang
tersebut. Orang yang dapat diandalkan berkata “Tugas ini akan selesai 5 hari”,
dan selama waktu itulah yang diperlukan.
Jangan memberikan tugas yang membuat
seseorang menjadi tidak disiplin. IBM telah menemukan bahwa sebuah organisasi
dimana Kepala Tim Programmer / Chief Programmer Team (CPT) sangat produktif.
Dengan metode CPT, seorang kepala ahli programmer melakukan semua pengkodean
yang rumit (80%), dibantu oleh para pemula untuk pengkodean yang lebih mudah
(20%). Tetapi jika ketua pergi, maka anak buah akan menghilang.
Untuk mencegah hal ini, IBM biasanya
menggunakan sebuah sistem bersahabat, dimana seorang programmer ditugaskan
untuk bekerja dengan sangat dekat dengan kepala programmer, membantu dan
berbagi muatan pekerjaan jika mungkin, dan mempelajari semua hal yang diketahui
oleh kepala programmer.
3.
MEMOTIVASI ORANG
PM adalah pelatih dari sebuah tim; PL adalah
kapten. PM memimpin, memotivasi, mengajarkan dan menggunakan sedikit ancaman
untuk mendapatkan tugas tersebut diselesaikan. PL bermain dalam tim dan
memotivasi dengan memberi contoh. Kepemimpinan proyek (PM dan PL) harus selalu
ada dan dapat melakukan pendekatan. Gunakan pendekatan MBWA (Management By
Walking Around) seperti dalam buku “In Search of Excellence”, bagian 4. Ketika
seseorang mendekati Anda dengan sebuah masalah pribadi atau teknik, lakukanlah
hal ini : Diam dan dengarkan. Biasanya orang itu akan menjawab masalahnya,
ketika menjelaskan masalah tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar